Pmasdh.com — Layanan Kesehatan Bagi Hewan Peliharaan Anda

Kenali Vaksin Pada Hewan Peliharaan Sejak Dini

Kenali Vaksin Pada Hewan Peliharaan Sejak Dini

Mempunyai hewan peliharaan pasti sangat seru dan mengasikan sekali. Selain gemas dengan tingkah lakunya, hewan peliharaan kita juga bisa menjadi teman sekaligus pelindung buat kita ketika kita sedang terancam. Jenis peliharaan yang sering ditemui adalah hewan Kucing dan Anjing. 2 jenis ini memang sudah sangat populer dikalangan pecinta binatang. Yang satu lemah lembut serta gemas. Yang satu lagi terkadang garang namun setia. Untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan kita dengan baik, mulai sekarang kalian harus mengenal vaksin apa saja yang dibutuhkan oleh si hewan peliharaan ini.

Bagi kalian yang memlihara Kucing, Anjing , atau keduanya pun akan cocok membaca artikel yang satu ini. pasalnya, disini kita akan berikan pengetahuan sedikit tentang peranan vaksin bagi kesehatan si Kucing dan Anjing itu sendiri. Tanpa adanya vaksin, hewan kalian bisa saja terserang banyak penyakit serta bisa saja menular pada diri kalian masing-masing. Nah, untuk menghindari itu semua, kini waktunya kalian mengenal vaksin pada Kucing dan Anjing melalui artikel yang satu ini.

Apasi Vaksin Itu ?

Vaksin ini merupakan pengupayaan untuk mendapatkan kekebalan tubuh dari segala penyakit yang ada. Biasanya penyakit ini datang melalui sebuah virus sbobet88 dan juga bakteri. Maka dari itu, untuk melindungi kesehatan tubuh yang dimiliki si hewan, perlulah dilakukannya pemvaksinan tersebut. nantinya respon yang diberikan oleh si Anjing dan Kucing ini bisa melawan yang namanya Mikroorganisme yang sedang menginfeksinya tersebut. vaksin ini memang sangat penting, pasalnya bisa membuat organisme yang hidup dan menyerang si hewan tersebut menjadi lemah.

Waktu Dan Jenis Pemvaksinan Pada Hewan

Untuk pemvaksinan ini sendiri memiliki waktu yang berbeda diantara Kucing dan Anjing ya guys. Jangan asal membawa hewan peliharaan kalian untuk pemvaksinan, namun harus kalian ketahui terlebih dahulu waktu yang tepat serta jenis pemvaksinannya.

  • Umur Pemvaksinan Kucing
  • Saat 3 bulan, vaksin yang diberikan Panleukopenia, Rhinotracheitis serta Calici.
  • Saat 4 bulan, vaksin yang diberikan sama pada saat vaksin ke 3 bulan hanya saja ada penambahan Chlamydia.
  • Saat 5 bulan barulah vaksin untuk rabies.

Noted : ini kalian ulangi 1 tahun sekali atau juga kucing yang belum pernah di vaksin >6bln.

  • Umur Pemvaksinan Anjing
  • Saat 2 bulan, vaksin yang diberikan Parvo.
  • Saat 3 bulan, vaksin ditambahkan Distamper, Parainfluenza, Hepatitis.
  • Saat 4 bulan, vaksin sama seperti bulan sebelumnya hanya ditambahkan Leptospira dan Corona.
  • Saat 5 bulan, vaksin sama juga seperti sebelumnya hanya ditambahkan untuk Rabies.

Noted : ini kalian ulagi selama 1 tahun sekali atau juga bagi anjing yang belum pernah di vaksin >6bln.

Syarat Daripada Pemvaksinan Itu Sendiri

Beberapa syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan pemvaksinan itu sendiri :

  • Pastikan Sehat.
  • Memiliki nafsu makan yang baik.
  • Umur pemvaksinan harus sesuai dengan minim syarat vaksin.
  • Sudah melewati masa-masa adaptasi kurang lebih 7 hingga 14 hari.
  • Tidak mengalami batuk, pilek, dan juga bersin-bersin.
  • Tidak adanya diare serta muntah.
  • Tidak memiliki masalah pada kulit.
  • Tidak memiliki infeksi apapun serta tidak cacingan pada tubuhnya.

Efek Samping Yang Biasa Di Alami Si Kucing & Anjing

Pasca dilakukannya pemvaksinan ini sendiri, memang akan ada efek samping yang di terima oleh si Kucing ataupun Anjing peliharaan kalian. Namun, efek ini juga kadang jarang terjadi pada hewan peliharaan kalian. Biasanya hewan yang mendapatkan efek samping itu sendiri akan merasakan adanya reaksi ringan semacam : sakit atau juga bengkak pada daerah injeksi si hewan, demam, lemas, dan nafsu makan yang berkurang. Namun, kejadian seperti ini tidak akan berlangsung lama ko guys. Waktu yang terjadi hanya beberapa jam atau juga beberapa hari dan nantinya akan kembali normal lagi.

Lakukan Ini Setelah Di Vaksin

Setelah kalian melakukan pemvaksinan itu, pastikan kalian melakukan hal seperti : memberikan makanan dan juga minuman yang cukup, hewan juga harus kalian kandangkan di dalam rumah, jangan memandikan hewan tersebut selama 1 minggu, serta tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua ya guys, terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel ini 😊.